SELAMAT DATANG DI BLOG "ANANG LIHUM". SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA. MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN

Lintas Habar

Loading...

Selasa, 09 Juli 2013

Cara Mengetahui Kode Aktivasi PTK di PADAMU NEGERI

Salam PADAMU NEGERI

Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan program data serba online. Mulai dari pendataan DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) yang meliputi data Sekolah, PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan data Peserta Didik melalui sebuah aplikasi yang dikenal dengan APLIKASI PENDATAAN. Bagi sebagian daerah juga sudah melakukan pelaporan BOS dan Nilai Siswa secara online. Masih banyak lagi program lainnya yang dilakukan secara online. Nampaknya para PTK khususnya guru harus bisa komputer dan mengenal dunia internet secara mandiri, baik melaui kursus mau pun secara otodidak seperti penulis,,,,hehe. Jika kita hanya mengeluhkan kebijakan pemerintah yang kita nilai tidak begitu bijak, tentunya kita akan ketinggalan kereta. Ya kalau kita ketinggalan kereta terus nyari pesawat tentunya kita tidak akan ketinggalan, malah jadi yang terdepan, teratas, dan terkeren. Tapi kalau kita diam saja tentunya ya di situ-situ aja. Jadi ingat sebuah pepatah, "LEBIH BAIK MENYALAKAN LILIN DARIPADA MENGHUJAT GELAPNYA MALAM". Waduh, jadi kesana-kemari deh ngelanturnya.

Okay, saatnya kita membahas salah satu program pemerintah yang juga harus dilakukan secara online, yaitu VerVal (Verifikisai dan Validasi) NUPTK melalui layanan PADAMU NEGERI yang merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP).

Bagi sebagian orang untuk melakukan proses VerVal ini tidaklah sulit. Tapi bagi segaian lainnya menganggap hal ini tidaklah mudah. Semua tergantung situasi dan kondisi masing-masing. Perbedaan tersebut menurut saya dipengaruhi oleh faktor ketersediaan sarana dan prasarana serta SDM-nya itu sendiri.

Salah satu di antara sekian kendala yang dihadapi oleh sekolah adalah tidak adanya layanan internet. Hal ini mengharuskan para PTK terutama OPS (Operator Sekolah) mencari layanan internet ke daerah yang terdapat layanan koneksi internet. Bahkan banyak juga OPS yang terpaksa (bukan karena dipaksa)nharus melakukan semua proses VerVal dari awal hingga akhir yang seharusnya dilakukan oleh PTK yang bersangkutan seperti mengisi kuisioner EDS dan mengisi data rinci.

Salah satu syarat agar PTK tersebut dapat melakukan proses VerVal lanjutan adalah harus mengaktivkan akun login terlebih dahulu. Untuk mengaktivkannya diperlukan Kode Aktivasi yang terdapat pada lembar cetak Surat Tanda Bukti VerVal Lv1. Bagi OPS pada kondisi tertentu tidak punya printer tapi terpaksa harus melakukan Aktivasi Akun PTK yang bersangkutan tentunya agak sedikit bingung.

Untuk mengatasinya ada cara mengetahui Kode Aktivasi PTK di PADAMU NEGERI tanpa harus print Surat Tanda Bukti VerVal Lv1. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silahkan lakukan "Login Sekolah" di http://padamu.siap.web.id
 
3. Selanjutnya akan muncul daftar PTK yang sudah di verifikasi pada level 1.
    Pada bagian kode Token itulah kode aktivasinya.


Gimana, mudahkan? Dengan mengetahui kode aktivasi tersebut maka kita sekarang dapat melakukan aktivasi akun PTK yang bersangkutan. Bagi teman-teman yang belum tau cara melakukan aktivasi, silahkan baca pada postingan saya terdahulu tentang Cara Aktivasi Akun PTK di PADAMU NEGERI.

Demikian tips dari saya untuk para OPS/Admin Sekolah. Silahkan berikan saran dan kritik saudara demi kemajuan blog ini. Mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan dalam penulisan ini. Hal ini karena keterbatasan serta minimnya pengetahuan penulis.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap mang,,,,,,,mun kw mang ae jangan bcampur bahasa daerah nyaman yg lain mngerti.

Anang Lihum mengatakan...

@Anonim; hehe,,,lawas kd tajinguk nah. makasih sudah baelang. Singhaja mang ae salajur manganalkan keragaman bahasa daerah. Tp sarannya patut dipertimbangkan. Segala kritik, saran dan atau masukan dari kawan-kawan sangat diperlukan demi kemajuan blog ini.